Rabu, 21 September 2011

Pelukis Terkenal Indonesia

  • Affandi Koesoema (CirebonJawa Barat1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India,InggrisEropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan.
  • Agus Djaya adalah pendiri dan sekaligus ketua dari PERSAGI (Persatuan Ahli-Ahli Gambar Indonesia) selama 4 tahun (1938-1942). Di samping itu, beliau adalah pendiri Akademi Seni Lukis pertama di Indonesia, yang mempersiapkan lahirnya pelukis-pelukis muda generasi kedua.
  • Barli Sasmitawinata (lahir di Bandung, 18 Maret 1921 – meninggal di Bandung, 8 Februari 2007 pada umur 85 tahun) adalah seorang pelukis realis asal Indonesia.
  • Basoeki Abdullah (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 25 Januari 1915 – meninggal 5 November 1993 pada umur 78 tahun) adalah salah seorang maestro pelukis Indonesia.Ia dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis. Ia pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta dan karya-karyanya menghiasi istana-istana negara dan kepresidenan Indonesia, disamping menjadi barang koleksi dari berbagai penjuru dunia.
  • Djoko Pekik, pelukis yang sejak 1965–1972 ditahan rezim Orba karena aktif di Lekra saat ini sedang unjuk gigi. Ia bersama 10 temannya anggota Sanggar Bumi Tarung, menggelar pameran di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Saat pembukaan pameran, Pekik juga tampil memberi sambutan. Dengan suara gemetar ia berteriak,”Revolusi belum selesai! Seniman tidak akan habis dilindas oleh kekuatan apapun,” pekik Djoko Pekik sambil mengacungkan tinju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

krizia zone

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...